Senin, 07 Desember 2015

Makalah VirtualBox

M A K A L A H
(SISTEM OPERASI)
Dosen : Erjon, S.Kom

Installasi Virtual Windows dengan VirtualBox

SISTEM INFORMASI

 
Disusun Oleh :

Nama : KUSRIYANTO

NPM : 1411121


STMIK SURYA INTAN KOTABUMI
LAMPUNG UTARA
2015/2016
 





 
KATA PENGANTAR





Rasa syukur yang dalam saya sampaikan ke hadirat Allah SWT, karena berkat rahmad dan hidayahNya sehingga makalah ini dapat saya selesaikan sesuai dengan harapan. Dalam makalah yang berjudul “installasi Virtual Windows dengan VirtualBox”, yang akan membahas tentang Cara Instal VirtualBox di Windows dengan guest OS Windows XP, serta Makalah ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem Operasi.

Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya makalah yang telah disusun ini dapat berguna bagi saya maupun bagi pembaca. Sebelumnya saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan saya memohon kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan di makalah selanjutnya. Demikian makalah ini saya buat semoga bermanfaat.

      Kotabumi, 06 Desember 2015


          Penyusun






2.1 Definisi
Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang dikomputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows.

2.2 Sejarah
VirtualBox pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Jerman (Innotek GmbH). Pada February 2008, Innotek GmbH diakusisi oleh [Sum Microsystems].



3.1 Pembuatan Mesin Virtual Windows XP
Untuk membuat mesin windows xp dengan virtualbox, memerlukan hal-hal berikut:
1.      Aplikasi virtualbox yang sudah terinstal di pc/laptop kamu.
2.      Windows XP dengan format file ISO.

Untuk menjalankan aplikasi virtualbox, kita harus membuat mesin virtual yang baru. Berikut tutorialnya:

pilih/klik tombol new pada tampilan awal pembuatan virtual mesin, untuk membuat mesin virtual baru. Kemudian akan muncul jendela “Create Virtual Machine” pada kolom name isikan nama anda atau nama lain sebagai nama folder dimana lokasi file ini tersimpan. Pada bagian type tetap kita biarkan Microsoft Windows, kemudian baguan version kita pilih windows xp versi 32 bit.


 


Layar selanjutnya pengaturan jumlah memori, VirtualBox akan memberikan saran alokasi memori untuk sistem operasi Windows XP yang akan diinstall adalah 192 MB. kalau ingin menggantinya,maka isian maksimal ditunjukan oleh indikator warna hijau, agar sistem operasi utama tak terganggu. Maka kita ganti saja dengan ukuran 512 MB.





Selanjutnya adalah pengaturan media penyimpanan (hard disk) yang akan digunakan mesin virtual windows XP. Kapasitas hardisk yang disarankan juga bisa ganti sesuai kemauan kita. Ditahap ini kita mempunyai tiga opsi/pilihan, maka kita akan memilih opsi yang kedua yaitu “Create a viertual hardisk now”, dan kemudian kita klik tombol create.

 


Kemudian yang selanjutnya adalah untuk menentukan jenis file hard disk virtual yang akan dibuat. Standarnya VirtualBox menggunakan format file VDI (VirtualBox Disk Image) untuk penyimpanan hard disk virtual. Setelah itu langsung aja kita klik next.

 



Selanjutnya adalah pengaturan untuk menentukan hardisk virtual yang akan dibuat tersebut disimpan pada hardisk fisik. Seperti pada gambar di atas virtual memberikan dua opsi/pilihan, yaitu:

1.      Dynamically alocated

2.     Fixed size

Maka lansung aja kita akan memilih opsi yang pertama, “Dynamically alocated” kemudia kita klik Next.


 



Pada layar selanjutnya seperti gambar dibawah, fungsinya adalah untuk menentukan nama tampil dan nama folder  tempat penyimpanan file-file virtual yang akan kita buat nantinya, kita juga bisa menaruhnya pada folder yang sudah ada pada direktori tersebut. Dan pada tampilan ini juga kita dapat merubah kapasitas hard disk sesuai dengan keinginan kita . kemudian klik tombol Create untuk membuatnya.




Setelah semua proses selesai maka kita akan melihat tampilan mesin virtual windows xp yang masih kosong, dan siap untuk melakukan penginstalan windows xp seperti gambar dibawah.

Pada tahap selanjutnya kita akan melakukan penginstalan windows xp pada virtual box, maka langsung saja kita klik Start untuk memulainya.



 

 
Setelah kita memilih tombol start, maka kita akan melihat tampilan “select start-up disk” dimana kita akan memilih master sistem operasi apa yang akan kita instal. Kemudian kita pilih saja icon panah folder  yang ada disebelah kanan untuk memilih file ISO nya. Setelah itu kita akan diperlihatkan tampilan folder dimana tempat file ISO windows XP yang akan kita instal tersimpan, setelah kita pilih file ISO nya lalu kita klik Open,  Setelah semuanya sudah terpilih maka kita klik Start.




 

 

setelah kita menekan tombol Start maka kita akan memasuki tahap.tahap penginstalan windows XP pada VirtualBox, Tahap-Tahap Installasi Win XP pada VirtualBox


4.1 Kesimpulan


Dengan bantuan software Virtualbox dapat dimanfaatkan untuk belajar menginstall sistem operasi tanpa perlu mengubah isi partisi harddisk Dapat mencoba-coba sistem operasi tanpa perlu menginstallnya secara permanent ke dalam hardisk.

VirtualBox dapat berjalan di Windows, Linux, Macintosh, Solaris hosts serta mendukung sejumlah besar sistem operasi tamu namun tidak terbatas pada Windows (NT 4.0, 2000, XP, Server 2003, Vista, Windows 7), DOS/Windows 3.x, Linux (2.4 and 2.6), Solaris dan Open Solaris, OS/2, dan juga Open BSD. Sampai saat ini VirtualBox telah mencapai versi 4.1.2 yang dirilis pada 2011/08/15.





 

1 komentar:

  1. maju terus saya tunggu tutorialnya selanjutnya dan tetap semangat

    BalasHapus